PKN DI PERGURUAN TINGGI, BUAT APA SIH??


Sebenarnya buat apa sih kita belajar Pkn di perguruan tinggi???
dari SD sampe SMA sudah ada pelajaran itu, bukannya di perguruan tinggi itu untuk memperdalam keilmuan kita untuk jurusan saja...??

pertanyaan-pertanyaan tersebut seringkali muncul dari beberapa pemikiran-pemikiran mahasiswa, mari kita kroscek lebih dalam lagi kenapa kita harus belajar PKn di perguruan tinggi ini.

di perguruan tinggi ada yang di namakan Tridharma Mahasiswa yakni, pendidikan, penelitian, dan Pengabdian. dari ketiga hal tersebut terdapat point pengabdian, yang berarti pengabdian kita terhadap masyarakat atas ilmu yang telah kita dapatkan di perguruan tinggi. nah oleh karena itu pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi sangat di butuhkan, karena saat mengabdi pada masyarakat kita telah terikat oleh undang-undang dan juga agar kita bisa berperilaku yang berlandaskan pancasila.

di negara ini telah banyak orang-orang pintar, negara ini adalah negara besar yang mempunyai potensi besar untuk menjadi negara adidaya, namun sayang unsur-unsur  yang ada di negara ini belum bisa menemukan pemersatu dari semuanya.

di bawah ini visi dan misi pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi.

Visi dan Misi Pendidikan Kewarganegaraan (SK Dirjen No.43/Dikti/Kep/2006)
Berdasarkan Keputusan Dirjen Dikti No. 43 / Dikti / Kep / 2006, terdapat visi dan misi Pendidikan Kewarganegaraan sebagai berikut:


1. Visi Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi adalah merupakan sumber nilai dan pedoman dalam pengembangan dan penyelenggaraan program studi, guna mengantarkan mahasiswa mementapkan kepribadiannya sebagai manusia seutuhnya. Hal ini berdasarkan pada suatu realitas yang dihadapi, bahwa mahasiswa adalah sebagai generasi bangsa yang harus memiliki visi intelektual, religiuus, berkeadaban, berkemanusiaan dan cinta tanah air dan bangsanya.

2. Misi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan tinggi adalah untuk membantu mahasiswa memantapkan kepribadiannya, agar secara konsisten mampu mewujudkan nilai-nilai dasar Pancasila, rasa kebangsaan dan cinta tanah air da;lam menguasai, menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan rasa tanggung jawab dan bermoral.

Selain visi dan misi tersebut di atas pendidikan kewarganegaran mempunyai tujuan umum dan khusus:

a. Tujuan Umum

Untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar kepada mahasiswa mengenai hubungan antar warga negara dengan negara serta pendidikan pendahuluan bela negara agar menjadi warga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negara.

b. Tujuan Khusus

1. Agar mahasiswa dapat memahami dan melaksanakan akan hak dan kewajiban secara santun, jujur, demokratis serta ikhlas sebagai WNI terdidik dan bertanggung jawab.
2. Agar mahasiswa menguasai dan memahami berbagai masalah dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta dapat mengatasinya dengan pemikiran kritis dan bertanggung jawab yang berlandaskan Pancasila, wawasan nusantara dan ketahanan nasional.
3. Agar mahasiswa memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai perjuangan, cinta tanah air, serta rela berkorban bagi nusa dan bangsa.


Semoga kita sebagai mahasiswa bisa menerapkan tujuan dari pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kehidupan kita sehari-hari.

0 komentar:

Poskan Komentar

LEARNING SOMETHING TO BECOME SOMEONE...